9 Berlian Terbesar Di Dunia

9 Berlian Terbesar Di Dunia

Berlian adalah salah satu batu mulia yang memiliki harga tertinggi di dunia. Per November 2019 saja, harga berlian 0,5 karat di Indonesia mencapai Rp.28.575.000,-.

Karena harganya yang luar biasa, berlian dianggap sebagai salah satu simbol kemewahan. Belum lengkap rasanya apabila para wanita kelas atas, dan belakangan juga pria, belum mengenakan berlian sebagai salah satu pelengkap penampilan.

Tentunya anda sempat mengikuti cuplikan berita dimana para artis berlomba-lomba memamerkan koleksi berlian mereka. Dengan menyebut besaran karat tertentu, mereka seolah menunjukkan bahwa mereka adalah orang dengan kemampuan finansial yang luar biasa. Namun tahukah anda, bahwa angka tersebut ternyata belum seberapa dibandingkan dengan berlian-berlian yang disebut sebagai 9 berlian terbesar di dunia ini?

The Cullinan Diamond – 3.106,75

Berlian sebesar 3.106,75 karat ini ditemukan di Cullinan – Afrika Selatan pada tanggal 26 Januari 1905. Nama Cullinan diambil dari Thomas Cullinan, sang pemilik tambang.

Berlian yang digolongkan sebagai white diamond ini sempat menjadi milik King Edward VII dari Inggris.

Golden Jubilee Diamond – 545,67

Dikategorikan sebagai brown diamond, Golden Jubilee Diamond saat ini disimpan di Pimmamek Golden Temple Throne Hall – Bangkok. Harga berlian sebesar 545,67 karat ini diperkirakan mencapai lebih dari $12 juta.

The Incomparable Diamond – 407,49

The Incomparable Diamond, yellow diamond sebesar 407,49 karat ini ditemukan di Republik Kongo (Zaire) pada tahun 1984 tanpa sengaja oleh seorang gadis kecil yang sedang bermain. Awalnya berlian ini nyaris terbuang karena dianggap terlalu besar untuk ukuran berlian yang biasanya ditemukan.

Donnersmarck Diamond – 102,54 + 82,48

Donnersmack Diamond adalah sebuah liontin yang terdiri dari dua yellow diamond dengan berat 102,54 dan 82,48 karat. Nama Donnersmack diambil dari Guido Henckel von Donnersmack, industriawan Jerman yang membeli berlian tersebut sebagai hadiah bagi istrinya.

Aurora Butterfly of Peace – 167

Aurora Butterfly of Peace, rangkaian berlian berbentuk kupu-kupu yang diciptakan oleh Bronstein dan Rodman ini memiliki berat total 167 karat. Tampil cantik dengan memadukan berlian dari berbagai belahan dunia : berlian merah muda dari Australia, berlian ungu dari Rusia, berlian hijau dari Brasil, serta berlian biru dan oranye dari Afrika Selatan, Aurora Butterfly of Peace mengangkat pesan indah tentang keberagaman.

Tiffany Yellow Diamond – 128,54

Tiffany Yellow Diamond ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1878. Berlian seberat 128,54 ini terangkat namanya ketika muncul dalam film Breakfast at Tiffany’s pada tahun 1961, dan sampai saat ini masih rutin dipamerkan setiap tahunnya di berbagai cabang toko Tiffany di seluruh dunia.

Star of The South Diamond – 128,48

Star of The South Diamond dikategorikan sebagai pinkish brown diamond, varian paling jarang ditemukan dari brown diamond. Berlian seberat 128,48 karat ini ditemukan di Brazil pada tahun 1853 oleh seorang budak, yang kemudian menyerahkan berlian tersebut kepada sang majikan sebagai penggant kebebasannya.

Sempat dimiliki oleh kerajaan India dan Mumbai, saat ini Star of The South Diamond menjadi milik Cartier, sebuah perusahaan perhiasan dan arloji di Prancis.

Earth Star Diamond – 111,59

Berlian seberat 111,59 karat ini ditemukan di tambang Jagersfontein – Afrika Selatan dengan berat awal sebelum dipoles mencapai 248,9 karat. Usai dipoles, berlian ini dinyatakan sebagai brown diamond terbesar dengan tingkat kecemerlangan paling tinggi di antara semua brown diamond yang pernah ada, sehingga kemudian dinamakan sebagai Earth Star Diamond.

Pada tahun 1983, Earth Star Diamond terjual dengan nilai mencapai $900 ribu.

Koh-i-Noor Diamond – 108,93

Dalam Bahasa Persia, Koh-i-Noor diartikan sebagai ‘Gunung Cahaya’. White diamond seberat 108,93 karat ini awalnya dimiliki oleh seorang Shah dari Persia, dan kemudian dikirimkan sebagai hadiah untuk Ratu Victoria pada tahun 1849. Koh-i-Noor saat ini menghiasi mahkota Ratu Elizabeth.

Selain 9 berlian di atas, tentunya masih banyak berlian yang masuk ke dalam kategori berlian terbesar di dunia. Tidak semua pemilik berlian, terutama kolektor, mau mengumumkan kepemilikannya, sehingga berlian-berlian tersebut menjadi sukar ditelusuri keberadaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *